Memilih Kualitas Tinggi & Pas Dikantong

Memilih Kualitas Tinggi & Pas Dikantong
  • home
Home » » Jenis - Jenis Mobil Keluarga

Jenis - Jenis Mobil Keluarga

Biasanya jenis mobil dibagi berdasarkan penggunaanya. Mobil untuk keluarga dirancang untuk memperoleh kenyamanan. Mobil yang digunakan sebagai sarana niaga atau bisnis lebih mengutamakan daya angkut. Dan mobil yang digunakan di daerah perkotaan mempunyai tipe yang berbeda dengan mobil yang biasa dipakai di jalan-jalan pegunungan.

Dari beberapa sumber dan referensi berikut beberapa jenis mobil yang umum digunakan sebagai kendaraan pribadi atau kendaraan keluarga :

City Car

Memiliki ukuran yang lebih kecil dari mobil rata-rata, dirancang untuk membawa penumpang maksimal 4 orang. Mobil jenis ini sangat disukai digunakan di daerah perkotaan dengan lalu-lintas yang ramai, karena memiliki kemampuan manuver yang baik di daerah padat serta memiliki interior yang nyaman.

Gambar: Daihatsu Ayla


Kapasitas mesin City Car berkisar dari 600 cc sampai 1200 cc, Contoh merk yang beredar di Indonesia adalah Nissan Marc, Suzuki Splash, Suzuki Karimun, KIA Picanto, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya dan lainnya.

Hatch Back

Ukuran Mobil Hatch Back sedikti lebih besar dari City Car tetapi masih memiliki kehandalan manuver yang sama dengan City Car untuk wilayah perkotaan padat. Kapasitas mesin berkisar anatara 1300 cc sampai 1500 cc.

Gambar: Honda Jazz

Model Hatch Back di Indonesia antara lain Toyota Yaris, Honda Jazz, Nissan Livina/Grand Livina, Suzuki Swift, Ford Fiesta, Daihatsu Sirion, Chevrolet Aveo, dan lain-lain.

MPV/Multi Purpose Vehicle

Gambar: Toyota Avanza

Memliki daya angkut sampai 7 penumpang, kapasitas mesin antara 1300 cc samapi 2500 cc. Banyak digunakan sebagai kendaraan keluarga atau kendaraan dinas instansi pemerintah dan perusahaan swasta.

Mobik jenis MPV juga dibedakan berdasarkan kemewahan interiornya dan kenyamanannya.

Low MPV, kapasitas mesin paling rendah dari semua jenis MPV. Desain interior dan tempat duduk yang dirancang untuk mengangkut penumpang maksimal 7 orang sedikit mengorbankan tingkat kenyamanan. Contoh modelnya adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Isuzu Phanter, Daihatsu Grandmax, Honda Freed , dll.
Medium MPV, kapasitas kabin yang lebih lapang dan lebih nyaman dari kelas Low MPV. Memiliki beberapa fitur interior dengan teknologi terkini membuat harga Medium MPV lebih mahal dari kelas Low MPV. Contoh model yang beredar di Indonesia adalah Honda Odyssey, Mitsibishi Grandis, Nissan Serena dll.
Premium MPV, kabin yang sangat luas dan fitur teknologi tinggi untuk kenyamanan pengguna membuat mobil ini dikategorikan sebagai mobil mewah. Merupakan kelas tertinggi untuk MPV. Modelnya antara lain Toyota Alphard, Nissan Elgrand,VW Carrevella , dan lain-lain.

SUV/ Sport Utility Vehicle

Mempunyai mesin di atas 2000 cc dan bisa dipakai untuk medan berat. Desain interior dengan kenyamanan tinggi. Contoh mobil untuk kelas ini antara lain Toyota Fortuner, Toyota Rush, Nissan X-Trail, Daihatsu Pajero Sport, Daihatsu Terios, Suzuki Grand Vitara, dan lainnya.

Sedan

Nyaman dan stabil dikendarai adalah kelebihan mobil sedan. Clearence yang rendah membuat mobil ini tetap stabil walau dipacu dengan kecepatan tinggi. Dengan kapasitas tempat duduk hanya 4 orang menjadikan sedan sangat nyaman untuk dinaiki. Di Indonesia sedan dikenal dengan merek Honda City, Honda Civic, Honda Accord, Toyota Vios, Toyota Carolla, Toyota Limo,Toyota Camry, Mazda 2 dan 3, Nissan Teana, Mercedez Benz tipe C, E, dan S, BWM seri 3, 5,7, Audi, Lexus dan merek lainnya.






-


Statistic Pengunjung