Memilih Kualitas Tinggi & Pas Dikantong

Memilih Kualitas Tinggi & Pas Dikantong
  • home
Home » » Membeli Mobil Bekas Dengan Kredit, Pilih Bank atau Perusahaan Leasing

Membeli Mobil Bekas Dengan Kredit, Pilih Bank atau Perusahaan Leasing

Selain membayar tunai, opsi lain untuk membeli mobil adalah dengan menggunakan pembiayaan Bank atau Perusahaan Leasing. Banyak Bank atau Perusahaan Leasing yang bersedia memberikan pinjaman untuk pembelian mobil bekas dengan usia tidak lebih dari 10 tahun.

Masing - masing punya kelebihan dan kekurangan. Jika mengajukan pinjaman kredit kendaraan ke Bank, pembeli mendapat pinjaman dengan bunga lebih murah. Tetapi pengajuan proses pinjaman ke Bank sedikit membutuhkan waktu dan memiliki persyaratan yang ketat. Diantaranya pengecekan status nasabah peminjam ke BI apakah masuk daftar hitam penunggak hutang atau tidak. Kemudian Bank akan memeriksa kas tabungan nasabah selama beberapa bulan terakhir untuk melihat kemampuan membayar nasabah.


Sedangkan pembiayaan dari perusahaan leasing proses pengajuannya lebih mudah dan cepat. Biasanya perusahaan leasing sudah bekerja sama dengan dealer mobil bekas sebelumnya. Kelebihan lain adalah pembiayaan dari perusahaan leasing sudah satu paket dengan asuransi mobil dan jaringan bengkel rekanan yang luas, beda dengan bank yang murni memberikan pinjaman dana. Adapun kelemahan pembiayaan dari perusahaan leasing adalah  bunga yang lebih tinggi dari pinjaman Bank. Sebagai gambaran untuk pembiayaan pembelian mobil selama 3 tahun Bank mematok bunga rata-rata 5% pertahun. Sedangkan perusahaan leasing tarif bunga untuk pembiayaan selama 3 tahun rata-rata 6% - 6,7% pertahun.

Mengingat kemudahan dan kecepatan pencairan dana dari perusahaan leasing. Serta tambahan berbagai fasilitas seperti asuransi mobil dan jaringan bengkel rekanan, banyak pembeli yang lebih menyukai pembiayaan dari perusahaan Leasing. Walaupun harus membayar bunga yang lebih tinggi dari bunga Bank.

Statistic Pengunjung