Memilih Kualitas Tinggi & Pas Dikantong

Memilih Kualitas Tinggi & Pas Dikantong
  • home
Home » » Lakukan Pemeriksaan Terhadap Body Mobil

Lakukan Pemeriksaan Terhadap Body Mobil

Sebelum membeli mobil pembeli harus memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik. Hal yang paling mudah untuk diamati adalah body dan rangka mobil . Ada baiknya pembeli membawa mekanik atau rekan yang berpengalaman untuk melakukan pemeriksaan. Tetapi jika harus melakukan sendiri pembeli perlu mengetahui bagian mana saja yang harus diperiksa pada body mobil.

Plat Mobil

Periksa plat mobil bagian depan, samping dan belakang. Jika terdapat bayangan berwarna hijau yang merupakan warna khas dempul berarti kondisi cat mobil sudah sering diperbaiki. Jika tidak terdapat bayangan warna hijau perhatikan ketebalan permukaan plat body tersebut. Jika ada tumpukan-tumpukan yang tidak rata bisa jadi itu adalah bekas dempulan. Jika banyak terdapat tumpukan-tumpukan bekas dempul artinya body mobil sudah sering disulap.

Cara lain untuk mengetahui konsidi body adalah dengan mengetuk pelan, jika terdengar nyaring berarti kondisinya masih bagus, tapi jika suara  ketukan terdengar seperti teredam ada kemungkinan body sudah sering didempul. Pastikan pembeli melakukan ketukan dengan hati-hati agar tidak menyinggung perasaan penjual.



Lipatan panel seperti panel pintu, panel kap depan atau belakang perlu juga untuk diperiksa. Jika terdapat banyak bekas dempulan berarti body mobil sering mengalami perbaikan.

Kondisi bagian body tidaklah berhubungan secara lansung dengan performa mobil. Tetapi jika body sering mengalami perbaikan tentu mobil tersebut penah mengalami sesuatu. Untuk itu pembeli perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Apakah Body Mobil Simetris

Perhatikan kap mesin bagian depan dan bagian belakang apakah terpasang dengan sempurna atau tidak. Jika kap tidak terlihat simetris atau ada sedikit renggang ketika ditutup ada kemungkinan mobil pernah tertabrak dari depan.

Pembeli juga bisa mengamati lampu depan atau belakang. Jika lampu dan panel-panelnya terpasang kuat di tempatnya berarti tidak ada masalah. tetapi jika lampu dan panel-panel tersebut terpasang tidak simetris ada kemungkinan mobil pernah mengalami benturan dari depan atau belakang.

Jika pembeli menemukan hal-hal yang janggal dari dua hal di atas maka pembeli perlu memeriksa bagian rangka mobil dengan melihat ke kolong mobil.

Pastikan Tidak Ada Cacat Pada Rangka Mobil

Rangka mobil adalah plat besar dari depan ke belakang yang terdapat di kolong mobil yang berfungsi sebagai penyangga body dan kaki-kaki. Jika terdapat penyok atau bengkok pada rangka bisa dipastikan mobil pernah tertabrak dengan keras. Hal ini bisa menyebabkan mobil menjadi tidak nyaman dikendarai dan sangat beresiko.

Ataupun jika mendapati rangka yang sudah keropos  maka kekuatan rangka tersebut akan menjadi berkurang dan sangat berbahaya jika rangka mengalami kegagalan struktur atau patah ketika mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Setelah mengetahui bahwa rangka mobil sudah tidak dalam kondisi baik, pembeli sebaiknya membatalkan transaksi dengan sopan. Tetapi setelah dipastikan tidak ada masalah dengan rangka pembeli boleh melanjutkan pemeriksaan ke bagian lain.

Jangan lupa untuk memeriksa nomor rangka ketika melihat kolong mobil. Nomor rangka akan dicocokan dengan yang ada di surat-surat kendaraan natinya.




Statistic Pengunjung